Minggu, 06 Mei 2012

Menggunakan Command Auto Text dan Auto Correct di Microsoft Word 2003

Penggunaan Command Auto Text dan Auto Correct di Microsoft Word merupakan hal yang sangat sederhana tetapi banyak yang belum memanfaatkannya baik karena memang tidak mau memanfaatkannya atau tidak tau cara memanfaatkannya.
Penggunaan Command Auto Text dan Auto Correct di Microsoft Word akan sangat membantu terutama bagi mereka yang suka menulis ataupun yang sedang membuat skripsi atau tugas akhir atau bagi mereka yang suka menulis dengan cara menyingkat – nyingkat kata.
Kita ambil contoh kalimat ini ” Menggunakan Command Auto Text” kalau kalimat diatas ditulis 100 kali dalam sebuah artikel, akan memakan waktu sangat lama walaupun bisa menggunakan perintah copy dan paste. Untuk lebih efisiennya maka kita akan menggunakan auto text caranya :
  1. Buka Ms. Word
  2. Klik menu insert dan pilih auto text, auto text dan anda akan menemukan kotak yang diatasnya bertuliskan “Enter Auto Text entries here”
  3. Kita masukkan kata yang akan kita buat sebagai auto text, disini saya akan menggunakan kalimat yang tadi “Menggunakan Command Auto Text”
  4. Setelah diisikan maka klik add dan Ok
  5. Setelah itu kita ujicoba. Ketika kita baru menuliskan “meng” maka akan ada kotak yang menyuruh kita menekan enter dan hasilnya kan seperti ini “Menggunakan Command Auto Text” secara otomatis akan tertulis semua.

Setelah command auto text selesai maka sekarang kita akan memanfaatkan command auto correct. Bagi mereka yang suka menyingkat – nyingkat kata misalnya “yg”, “tsb” dan lain sebagainya maka cara ini sangat efektif dan juga bagi yang memang sering salah tulis misalnya menulis “unutk” padahal maksudnya “untuk”.
  1. Buka Ms. Word
  2. Klik menu insert dan pilih auto text, auto text. Tetapi kita menggunakan auto format bukan auto text maka pilih tab auto format yang ada di sebelah atas tab auto text. Cara lain yang langsung ke auto format yaitu pilih menu tools, Auto Correct Options
  3. Kita akan menghadapi 2 kotak besebelahan. Pada kotak replace, isikan kata yang akan diganti misalnya “yg” dan pada kotak with, isikan kata yang akan menggantikan missal “yang”.
  4. Klik add dan Ok.
Kita ujicoba. Maka pada saat menulis, kata “yg” akan berubah menjadi “yang” setelah kita menekan spasi.
Misalnya kalimat “yg td pg dtg ke rumah, bkn saya” maka yang akan tertulis “yang tadi pagi datang kerumah, bukan saya”

Selamat mencoba


Tidak ada komentar:

Posting Komentar