Selasa, 03 Juli 2012

PC Ngebut, Siapa Takut

Pasti sudah banyak yang pernah memberikan trik mengenai cara mengoptimalkan kinerja komputer. Pada intinya ini sama tetapi mungkin akan ada sedikit tambahan. Tanpa banyak cakap lagi, mari kita mulai.
1.   Pada waktu pertama kali install, pastikan diformat dengan NTFS tetapi bukan yang quick. Kalau yang quick, akan lakukan pemformatan saja bisa dikatakan lewat cuma numpang lewat tetapi kalau bukan quick akan sekalian melakukan pemerikaan hard disk tetapi kalau tidak sempat alias buru –buru bisa nanti saja dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti TuneUp Utilities. Kalau sudah gitu nanti file system hard disk adalah NTFS bukan FAT tetapi kalau sudah terlanjur FAT mudah saja, tidak usah diganti tetapi tinggal di convert saja caranya. Buka command prompt dan ketikkan “CONVERT drive yang akan di convert : /FS:NTFS”, misal CONVERT H: /FS:NTFS atau juga bisa menggunakan partition magic
Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut. Pada gamabar ini saya mengconvert flasdisk (H) dari FAT32 menjadi NTFS


2.   Partisi kalau diusahkan jangan lebih dari empat. Dua atau tiga partisi lebih baik
3.   Setelah installasi selesai jangan lupa atur boot priority dan pastikan booting awal dari hardisk
4.   Install aplikasi yang diperlukan dan lakukan defragment. Defragment hendaknya dilakukan secara berkala 1 atau 2 minggu sekali tapi jangan setiap hari karena bisa membuat hardisk rusak.
5.   Pakai antvirus cukup satu saja dan jangan lupa diupdate dan bersihkan sytem dari virus karena virus dapat membuat lambat kinerja komputer.
6.   Matikan servis – servis yang tidak digunakan melalui run, msconfig, services
7.   Matikan file – file yang mulai saat startup juga melalui ms config
8.   Usahakan partisi hardisk yang berisi system (biasanya drive c) tidak telalu penuh paling tidak ada 15% yang kosong.
9.   Uninstall aplikasi – aplikasi yang tidak digunakan lagi
10. Buang file –file prefetch, caranya: start, run, prefetch dan buang semua yang ada di situ atau masuk drive c:\windows\prefetch
11. Bersihkan hardisk dan registry pakai aplikasi bawaan windows (klik kanan pada drive yang akan diberishkan dan klik properties dan pilih tab general kemudian klik disk cleanup) atau gunakan aplikasi dari luar (bukan bawaan windows) seperti Tunup Utilities secara berkala juga
12. edit –Edit registry yaitu
start, run, regedit. Masuk ke :
a.       HKEY_Current_User\controlpanel\desktop. Ubah value menushowdelay dari 400 menjadi 0
b.      HKEY_Current_User\controlpanel\desktop\windowsmetrics. Aktifkan min animate dengan memberi value 1.
c.       HKEY_Local_Machine\sofware\microsoft\windows\currentversion\optimallayout. Buat DWORD baru dan ketikkan “EnableAutoLayout” (tanpa tanda petik) dan beri value 1.
d.      HKEY_Local_Machine\software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer. Pilih menu edit, new, key dan beri nama “AlwaysUnloadDLL” dan pada default value masukan angka 1.
13. Klik kanan icon my computer dan pilih properties. Pilih tab advance dan ada tiga kotak setting. Klik pada setting yang pertama dan disana pilih adjust for best performance. Dengan memilih adjust for best performance maka tampilan akan terlihat berbeda tetapi kalau anda kurang suka dengan hal ini maka pilih custom dan setting dengan keinginan anda. Masih pada setiing yang partama, pada tab advance, pada bagian bawah ada tulisan mengenai virtual memory. Anda bisa mengubah dengan klik change dan ubah. Saya rekomendasikan sebaiknya diisi dengan dua kali ram anda. Missal ram anda 256 maka isi dengan 512. tetapi boleh diisi sesuka anda tergantung maksimumnya berapa sampai anda merasa enjoy. Sekarang kita beralih pada setting ke tiga (startup dan recovery) ada dua kotak yang berisi biasanya 30 second. Value itu kita ubah menjadi tiga atau lima second saja.

Selain cara diatas dapat juga dilakukan secara hardware tetapi tetap gratisan yaitu:
Jaga kebersihan kipas, semua kipas yang ada baik kipas casing , processor atau hardisk untuk menjaga suhu dalam casing biar tetap dingin. Semakin panas suhu semakin lambat kerja komputer. Selain kipas, komponen – komponen lain juga tetap dijaga kebersihannya seperti mother board, memory, harddisk dan casing itu sendiri, selain berguna untuk kinerja komputer juga akan baik dipandang dari sudut estetika.

Cara yang ini hanya bagi yang punya uang :
Kalau cara-cara yang di atas sudah dilakukan dan belum puas, maka bolehlah kalau komputernya di upgrade. Missal upgrade memori / ram atau upgrade semua alias beli baru, hehehehe. Kalau beli baru maka sesuaikan dengan kebutuhan dan sebaiknya baca-baca dahulu referensi mengenai komputer yang akan dibeli jangan sampai kita membeli komputer dengan harga mahal tetapi kinerjanya tidak memuaskan. Pandang perlu dan jangan pandang malu.


Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar